Membuat Email Palsu untuk Menghindari Spam

Setiap kali sobat memberikan alamat email untuk mendaftar berbagai jenis layanan di web maka sobat harus siap dengan resiko yang harus diterima, yakni masuknya junk email di folder spam. Yang aku maksud junk email di sini adalah email yang tak ada kaitannya dengan layanan web yang telah sobat ikuti alias email yang tidak dikehendaki. Apabila hal itu telah terjadi maka bisa dipastikan bahwa spammer telah memasukkan alamat email sobat ke dalam daftar milisnya dan tidak menutup kemungkinan juga dia juga telah mengkomersilkan atau menjual database email di mana alamat email sobat tercantum di sana. Nah loh!

Tenang sob. aku punya trik untuk mengatasi agar kejadian semacam itu tidak menimpa diri kita. Pertama perbanyak amal, istighfar dan berdoa. Kedua, gunakan email mudah-buang, yaitu layanan yang memungkinkan kita membuat alamat email yang sama sekali berbeda yang dapat kita gunakan untuk menerima email ke account email utama kita tanpa ada yang tahu apa alamat account email utama kita. Bingung?Jadi, gambaran secara sederhananya begini: kita bisa membuat semacam "email palsu" dengan fasilitas yang ada di account email utama kita. Oleh karena itu, jika akhirnya email palsu yang kita gunakan tersebut dibanjiri spam, kita bisa menghapus alamat email tersebut. 

Tertarik menggunakan fitur layanan ini? Okey saya akan berikan langkah-langkahnya melalui provider email yang sering kita pergunakan, yaitu Gmail, Yahoo, dan Hotmail. Harap diperhatikan juga yach, gunakan alamat email mudah-buang atau email palsu ini dengan bijak : untuk mendaftar layanan web dimana sobat berencana untuk menggunakannya sekali (untuk menerima konfirmasi e-mail) atau pergunakanlah untuk layanan web yang kurang sobat percayai.


Membuat Email Palsu dengan Gmail  
1. Login ke akun Gmail, pilih [Setting] - [Filters] - [Create Filters]












2. Selanjutnya muncul kotak dialog Create a Filter. Abaikan/kosongkan semua field yang diminta kecuali field to: (yang aku lingkari merah). Isikan dengan nama email yang dikehendaki dengan menambahkan tanda "." sebelum "@". Katakanlah alamat email sobat adalah prikitew@gmail.com maka field to: atau kepada: dapat diisi dengan 
p.rikitew@gmail.com             prikitew@googlemail.com
pr.ikitew@gmail.com             pr.kitew@googlemail.com
pri.kitew@gmail.com             pri.kitew@googlemail.com
................                                 .............
prikite.w@gmail.com             prikite.w@googlemail.com

Bisa juga kita menggunakan tanda "." sebanyak yang sobat inginkan semisal p.r.i.k.i.t.e.w@gmail.com. Selain tanda ".", Gmail memberikan alternatif tanda "+". Penggunaannya dapat diaplikasikan dengan rumus: (email utama+[keyword]@gmail.com) misalnya  email sobat tadi adalah prikitew@gmail.com, maka dengan rumus tsb. menjadi prikitew+moneyonline@gmail.comprikitew+freeipad@gmail.com, dst. Oh ya, keywordnya ditentukan sendiri yach

3. Klik Next Step sehingga muncul kotak dialog spt. gambar berikut:








Pada tahap ini kita akan menentukan kriteria apa yang ingin kita gunakan untuk menentukan apa yang harus dilakukan ketika email palsu dapat pesan baru. 
Aku mencetang  (Archive it) dan Apply the label [zampah] yang artinya email yang masuk akan melompati Inbox dan langsung bersarang ke label zampah (yang telah saya buat sebelumnya). Aku rasa sobat bisa menentukan sendiri kriteria apa saja yang dibutuhkan.

4. Langkah terakhir Create Filter dan apabila  masih ingin membuat email mudah-buang lain Sobat bisa mengklik Create a new Filter.


Membuat Email Palsu dengan Yahoomail
1. Setelah login ke yahoo mail, pilih opsi mail




2. Pilih [Alamat Email Mudah-Buang] - [Tambah Alamat]









3. Buat nama dasar
Buatlah nama dasar yang sama sekali berbeda dengan nama id yahoomail sobat (sebagai contoh saya menggunakan prikitew2135). 

4. Tekan tombol Berikutnya







5. Buat keyword unik seperti "shopping", "formoney", "freeipad", "forum" dsb. untuk membantu mengingat di mana kita telah menggunakannya.







Pada bagian bawah kotak dialog di atas, bisa diatur lagi preferensi "email palsu" kita. Preferensi ini boleh kita abaikan akan tetapi sekedar berbagi pengetahuan saja, berikut ini point-point-nya:
Kirimkan email ke [Deliver to] : pilih folder pribadi di mana sobat ingin mengarahkan semua pesan yang dikirim ke alamat "palsu" kita (secara default dikirim ke Inbox).
Indikator [Indicator]: khusus untuk yahoo baru pilihan ini tidak mendukung
Nama Dari [Your "From" name] : apabila field ini kita isi maka si penerima email palsu kita akan melihatnya di field "From" atau "Dari" pada header email.
Gunakan Filter [Use Filter] : Centang pilihan ini jika kita menginginkan Yahoo Mail Plus menerapkan penyaringan pribadi sebelum mengirimkan pesan kita.
Gunakan SpamGuard [Use SpamGurd] : Centang pilihan ini jika kita menginginkan SpamGuard menyaring email yang dialamatkan ke email palsu kita. Email yang diduga spam akan dikirim ke folder spam meskipun kita telah mengatur "Kirim Email Ke" ke folder pribadi kita.
Catatan [Note] : tambahkan catatan untuk membantu kita mengingat tujuan dari alamat email mudah-buang.

5. Klik Simpan.
Selesai. Email palsu siap dipakai. Yahoo mengijinkan kiita bisa membuat hingga 500 email palsu dengan keyword yang berbeda.


Membuat Email Palsu dengan Hotmail
1. Login ke akun hotmail sobat, pilih Inbox dan klik gambar seperti gir atau bintang, pilih Create a Hotmail  alias








2. Pada field alamat email : isikan alias yang diinginkan. Ini yang nantinya akan menjadi alamat  email palsu sobat.
Pada menu dropdown pilih salah satu domain yang disediakan.

Tips : 
Ini pengalaman sendiri. Gunakan domain hotmail.com karena hotmail.co.id dan windowslive.com sering gagal. Disamping itu pandai-pandailah memilih nama alamat email karena tidak seperti pada gmail dan yahoo, seringkali hotmail menemukan bahwa nama alamat email yang kita ketik ternyata sudah dipakai orang lain.

3. Klik tombol Create an allias






Pop-up akan muncul di layar yang menyatakan bahwa hotmail telah membuatkan kita email alias baru serta menanyakan apakah kita akan membuat folder khusus untuk menyimpan semua email yang dikirim ke alias. Atau,  kita juga dapat memilih untuk menyimpan semua email yang dikirim ke alias ke dalam Inbox (default alamat email Hotmail).

4. Kilik Done
Kita siap mengirim dan menerima email melalui email palsu kita.
Microsoft memberikan kita kesempatan untuk memiliki hingga 5 alamat per tahun di mana per account-nya kita diijinkan memiliki maksimal 15 alias.

Mana yang lebih baik dari ketiga layanan email di atas? Aku rasa semuanya fine-fine saja. Namun, kalau dilihat dari segi "kamuflase" email maka Gmail adalah yang terlemah kerena dia tidak bisa menyembunyikan akun utama kita secara total. Di samping itu "email palsu" yang disediakan Gmail  sering kali tidak acceptable untuk submit di web tertentu.


Semoga bermanfaat
Best Blogger Tips
  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati
Blog Gadgets

0 comments:

Posting Komentar